Senin, 13 Mei 2013

Mengenal JKT48

Post By Lee Jeno di 5/13/2013 05:59:00 AM
banyak yang bilang JKT48 adalah girlband, anggapan itu salah karena pada faktanya JKT48 adalah idol group. Nah yg belum tau banyak ttg JKT48, mari simak postingan saya berikut ini :)

Apa itu JKT48?
JKT48 adalah grup idola/idol group asal Indonesia yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto. Sebagai sister group pertama dari AKB48 di luar Jepang, JKT48 mengadaptasi konsep “idola yang dapat ditemui setiap hari” dan mengolahnya dengan cita rasa tanah air untuk menciptakan idola orisinal Indonesia yang unik dan baru pertama kali ada.
Berbeda dengan girlband atau boyband yang menyajikan performa dengan anggota yang telah terbentuk dengan matang, anggota JKT48 dapat dikatakan masih belum bisa menampilkan performa selayaknya penyanyi atau artis yang seharusnya.
Hal ini karena JKT48 bukan menyajikan pertunjukan nyanyian dan tarian oleh bintang profesional, tetapi cerita dari proses perkembangan setiap anggotanya untuk meraih mimpi mereka menjadi bintang.
Karena sifatnya yang masih belum matang, penggemar memegang peranan penting dalam pertumbuhan JKT48. Para anggota akan dapat ditemui secara langsung oleh fans setiap hari di teater, dan fans yang ingin anggota favoritnya tampil lebih baik lagi dapat memberikan saran secara langsung kepada anggota baik melalui surat maupun media sosial. Saran, dukungan, serta terkadang kritikan yang membangun dan mendorong setiap anggota JKT48 dalam meraih mimpi mereka itulah arti dari “tumbuh dan berkembang bersama fans”.
Apa itu AKB48?
AKB48 adalah grup idola yang diproduseri oleh pencipta lirik Akimoto Yasushi dengan konsep “idola yang dapat dijumpai setiap hari”. Mereka memiliki Teater AKB48 sendiri di Akihabara, Tokyo, dan meskipun telah menjadi idola top, saat ini mereka tetap tampil di teater setiap harinya. Hal yang unik dari AKB48 Project adalah fans dapat ikut merasakan proses perkembangan idolanya.
Anggotanya dipilih melalui proses audisi dimana pesertanya berasal dari seluruh penjuru negeri. Saat ini telah terbentuk tim A, tim K, tim B, dan kenkyuusei.
Saat merilis CD single, dilakukan seleksi dari seluruh member, termasuk member dari sister group. Mereka yang terpilih disebut “Member Senbatsu” dan akan menyanyikan lagu utama dari single tersebut. Biasanya seleksi tersebut dilakukan oleh produser Yasushi Akimoto, tetapi setahun sekali diadakan pemilihan umum (“Senbatsu Sousenkyo”) dimana fans dapat memilih member favorit mereka untuk menyanyikan lagu utama dari single tersebut.
Popularitas AKB48 tidak hanya di dalam negeri sendiri, tetapi juga mancanegara. Mereka pun pernah mengadakan pertunjukan di berbagai tempat di seluruh dunia seperti Paris, New York, Cannes, Los Angeles, Korea Selatan, Macau, Singapura, Moskow, Taiwan, Shanghai, Jakarta, dan Washington DC.
Di Jepang, setiap lagu baru yang dirilis penjualannya selalu berhasil menembus angka satu juta kopi, dan sebagai grup idola yang paling populer di Jepang, mereka secara reguler tampil di berbagai media seperti televisi, radio, dan majalah. Sambil tetap menjadikan penampilan di teater sebagai dasar, mereka terus mengembangkan sayapnya di berbagai bidang.
Mengenai teater dan setlist
Teater merupakan manifestasi dari konsep “idola yang dapat ditemui setiap hari” yang merupakan konsep mendasar dan unik dari AKB48. Di teater, fans dapat melihat pertunjukan idolanya dari dekat dan memberi dukungan secara langsung untuk anggota favoritnya. Dari sisi anggota, kualitas performa mereka terus menerus diasah melalui pertunjukan teater yang berkesinambungan. Saat ini semua anggota JKT48 masih berstatus kenkyuusei (trainee) dan tampil secara bergantian di teater.
Di teater, acara utama yang ditampilkan adalah pertunjukan lagu dan tarian yang disebut “setlist”. Tetapi teater tidak hanya mempertunjukkan setlist. Ada MC yang mirip seperti acara bincang-bincang singkat antar anggota sehingga fans dapat mengenal kepribadian anggota dengan lebih dalam, perayaan ulang tahun anggota, dan berbagai event lainnya yang nantinya akan menjadi satu halaman dari cerita kehidupan setiap anggota JKT48.
Saat ini JKT48 menampilkan setlist “Pajama Drive” "Renai Kinshi Jourey" dan yang baru dibawakan oleh JKT48 T-rainee yaitu Boku no Taiyou.

Isi setlist Pajama Drive:
- Shonichi (Hari Pertama)
- Hissatsu Teleport (Jurus Rahasia Teleport)
- Futari Nori no Jitensha (Bersepeda Berdua)
- Tenshi no Shippo (Ekor Malaikat)
- Pajama Drive
- Junjou Shugi (Prinsip Kesucian Hati)

Isi setlist Renai Kinshi Jourei:
 1. JKT48 – Nagai Hikari (Cahaya Panjang)

2. JKT48 – Squall no Aida ni (Di Tengah Hujan Badai Tiba-Tiba) [solo ver.] download
3. JKT48 – JK Nemurihime (Gadis SMA Putri Tidur)
4. JKT48 – Kimi ni Au Tabi Koi o Suru (Jatuh Cinta Setiap Bertemu Denganmu)
5. JKT48 – Kuroi Tenshi (Malaikat Hitam)
6. JKT48 – Heart Gata Virus (Virus Tipe Hati)
7. JKT48 – Renai Kinshi Jourei (Aturan Anti Cinta)
8. JKT48 – Tsundere!
9. JKT48 – Manatsu no Christmas Rose (Mawar Natal Musim Panas)
10. JKT48 – Switch
11. JKT48 – 109
12. JKT48 – Hikoukigumo (Jejak Awan Pesawat) download
13. JKT48 – Ano Koro no Sneakers (Sneaker Waktu Itu)
14. JKT48 – JKT Sanjou! (JKT Datang!)
15. JKT48 – Namida no Shinkokyuu (Nafas Dalam Air Mata)
16. JKT48 – Oogoe Diamond (Teriakan Berlian) download
17. JKT48 – Oogoe Diamond (New Version) (Teriakan Berlian) download
 
  Isi setlist Boku no Taiyou
M00 - Overture
M01 - Dreamin' girls
M02 - RUN RUN RUN
M03 - Mirai no Kajitsu
M04 - Viva! Hurricane
-----MC-----
M05 - Idol Nante Yobanaide
M06 - Boku to Juliet to Jet Coaster
M07 - Higurashi no Koi
M08 - Itoshisa no Defense
M09 - Himawari
-----MC-----
M10 - Takeuchi Senpai
M11 - Sonna Konna Wake de M12 - Deja Vu
-----MC-----
M13 - Yuuhi wo Miteiru ka?
-----ENCORE-----
M14 - Lay down
M15 - BINGO!
M16 - Boku no Taiyou

Mengenai “total producer” Yasushi Akimoto
“Ayah” yang ada di balik pembentukan seluruh grup 48. Ia merupakan penulis lirik dan wakil rektor Kyoto University of Arts and Design. Semenjak masa SMA, beliau telah menunjukkan kemampuannya sebagai pembuat acara, dan membuat naskah untuk acara seperti “The Best Ten” dan lainnya.
Sejak tahun 1983 beliau berhasil melahirkan karya-karya sebagai penulis lirik yang menjadi hit seperti “Kawa No Nagare No You Ni” yang dibawakan oleh Misora Hibari, “EXIT” oleh EXILE, “Umiyuki” oleh Jero (mendapatkan penghargaan pembuat lirik Jepang ke-41) dan lain-lain.
Pada tahun 2011, seluruh lagu pada Oricon Annual Single Top 5 Rank diisi oleh lagu ciptaan beliau yang dibawakan oleh AKB48, dan semuanya berhasil menembus penjualan satu juta keping, sebuah rekor yang baru pertama kali terjadi dalam sejarah. Salah satu singlenya yang berjudul “Flying Get” dianugerahi penghargaan Japanese Record Award ke 53.
Kegiatan beliau saat ini adalah menciptakan acara TV, perencanaan pembuatan film, menulis naskah (serial “Chakushin Ari” dan lain-lain), menulis artikel koran, majalah, dan lain sebagainya. Sebagai penulis, karyanya adalah novel “Zou no Senaka” (diterbitkan oleh Fushosha), dan “Akimoto Yasushi Art no Susume” (Bijutsu Shuppansha), dan lain-lain.
“Chakushin Ari” telah dibuat versi remakenya oleh Hollywood, dan dirilis di Amerika pada Januari 2008 dengan judul “One Missed Call”. Novel “Zou no Senaka” juga telah dibuat menjadi drama TV oleh JTBC di Korea Selatan, dan mulai ditayangkan pada April 2012.
Selain menjadi produser dari idol group “AKB48”, “SKE48”, “NMB48”, “HKT48”, dan “JKT48”, beliau juga dikenal sebagai seorang kreator yag bekerja di garis depan dunia entertainment Asia.

Glosarium
Sister group : grup saudara dari AKB48 yang mengadopsi konsep yang sama.
Kenkyuusei : trainee. Sebutan untuk para calon anggota grup yang masih belum masuk ke dalam tim.
Member senbatsu : member yang dipilih untuk menyanyikan lagu utama dari suatu CD sngle sekaligus ditunjuk sebagai public figure dalam mempromoskan lagu tersebut.
Senbatsu sousenkyu : pemilihan anggota terpopuler di kalangan fans untuk masuk sebagai member senbatsu.
Setlist : rangkaian lagu dan tarian yang dipertunjukkan di teater. Biasanya terdiri dari 16 lagu.

0 komentar:

Posting Komentar

 

So Simple So Fun Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea